Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah

Authors

  • Muchamad Rifki Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Sofyan Sauri Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Aam Abdussalam Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Udin Supriadi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Miptah Parid STAI Miftahul Huda Pamanukan Subang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Keywords:

Keteladanan Guru, Nilai Karakter, Sekolah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai karakter melalui metode keteladanan guru di sekoah. Hal ini berangkat dari sebuah pandangan bahwa kesuksesan dalam penanaman nilai-nilai karakter pada suatu proses pendidikan tidak dapat dilepaskan dari keteladanan yang diberikan oleh guru terhadap para peserta didik. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunkan medotode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah terdiri dari guru, dan peserta didik SMAN 1 Pamnukan Subang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara.  Kesimpulan dari penelitian ini pendidikan karakter yaitu pendidikan yang di dalamnya terdapat proses pengembangan nilai-nilai karakter bangsa pada setiap individu, sehingga setiap individu mempunyai karakter dan nilai sebagai karakter dirinya, mengimplementasikan setiap nilai religius pada kehidupan sehari-hari, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara yang berjiwa nasioanalis, kreatif, produktif dan religius. Nilai-nilai pendidikan karakter seperti nilai religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli sosial, peduli lingkungan, mandiri, cinta tanah air dan semangat kebangsaan. Tindakan memberikan keteladanan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik yaitu dengan membeikan contoh melalui perkataan, perbuatan dan berbagai metode yang lain, seperti dengan memberikan contoh melalui penjelasan secara langsung. Selain itu pemberian contoh juga dilakukan dengan melakukan penayangan video pendek yang di dalamnya mengandung nilai religius, dan selalu mencontohkan berpakain yang rapih dan sopan.

References

Annisya, Sarah, and Irwan Baadilla. 2022. “Analisis Nilai Karakter Melalui Media Animasi Fabel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(5).

Anwar, Andi Saefulloh. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial.†JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(8).

Handayani, Bukman Lian Erri, and Jayanti. 2022. “Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Dalam Buku Siswa Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar.†Journal on Teacher Education 4(1).

Hendrawan, Jajang Hendar, Lili Halimah, and Kokom. 2022. “Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Tari Narantika Rarangganis.†Jurnal Basicedu 6(5).

Hidayati, Wilma Rahmah, Jhoni Warmansyah, and Zulhendri Zulhendri. 2022. “Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5).

Jalaludin, and Said. 2000. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep Dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: Raja Grapindo.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Pekotaan: Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya. Bandung: Pustaka Setia.

Kebudayaan., Departemen Pendidikan dan. 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurniasih, Imas. 2017. Pendidikan Karakter Internalisasi Dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kata Pena.

Lase, Famahato, and Noibe Halawa. 2022. “Mendidik Peserta Didik dengan Nilai Nilai Karakter Cerdas Jujur.†Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1): 190–206.

Lickona, Thomas. 2000. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Mislikhah. 2020. “Kesantunan Berbahasa.†International Journal of Islamic Studies 1(2): 285–96.

Mu’min, Fatchul. 2016. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik Dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media.

Nurgiansah, and T. Heru. 2022. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.†Jurnal Basicedu 6(4).

Saidah, Fauziah Nur. 2022. “Pengaruh Keteladanan Guru Dan Kepribadian Siswa Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMA Budi Dharma Dumai.†Tafidu Jurnal 1(1).

Salim, and Syahrum. 2016. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipta Pusaka.

Sinaga, Juli Antasari Br, and Belsasar Sihombing. 2022. “Analisis Kesesuaian Materi Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester I Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.†Journal of Maritime and Education 4(1).

Sucieti. 2018. “Integrasi Nilai-Nilai Etika dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun Karakter Generasi Era Digital Abad 21.†Jurnal Fisika UNSIQ 1(1).

Sutarna, Nana. 2022. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dan Keteladanan KH Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun.".†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4).

Tafsir, A. 2008. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulwan, Nashih, A. 2007. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Zahrudin. 2004. Pengantar Ilmu Akhlak. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Issue

Section

Articles

Citation Check