Internalisasi dalam Pembentukan Karakter Melalui Penerapan Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Refny Widialistuti, Jamaris Jamaris, Solfema Solfema

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4332

Article Metrics

Abstract Views : 142 times
PDF Downloaded : 120 times

Abstract


Internalisasi dalam membentuk kependidikan berkarakter dapat diterapkan melalui nilai kearifan lokal pada pembelajaran Matematika di SD. Hal ini dipentingkan agar tidak terjadinya penurunan nilai kebudayaan dalam pembelajaran Matematika di SD. Penelitian ini dilakukan untuk menjabarkan proses internalisasi dalam pembentukan karakter melalui penerapan nilai kearifan lokal pada pembelajaran matematika di SD.  Penggunaan metode dilakukan dengan studi kepustakaan dengan metanalisis darimsepuluh hasil review jurnal nasional yang didasari oleh empat proses internalisasi yang dijadikan sebagai indikator dalam penelitian ini, yaitu internalisasi pada masa anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa usai lanjut. Keempat proses internalisasi diintegrasikan untuk penguatan kependidikan yang berkarakter agar terciptanya nilai kearifan lokal dalam pembelajaran matematika di SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan proses internalisasi pada masa anak dan masa remaja yang sesuai dalam pembentukan kependidikan karakter karena pada masa ini nilai kearifan lokal dapat diterapkan melalui pembelajaran Matematika di SD. Anak perlu diberikan pembimbingan oleh guru di sekolah agar mempunyai Nilai berbudaya yang berkarakter, bertingkah laku sesuai dengan nilai kebudayaaan dan beragama, bertanggung jawab, kemandirian, berkeratif yang diterapkan oleh guru kepada siswa dalam pembelajaran Matematika.


Keywords


internalisasi, kependidikan berkarakter, kearifan lokal, pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Ahada, Q. S. A. (2019). Internalisasi Pendidikan Karakter Mandiri di Panti Asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang. UIN Walisongo.

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Rineka Cipta.

Aisyah Lif. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Sosial untuk Membentuk Kepedulian Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu di MTS Negeri 1 Lamongan. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Alfarisyi, Y. H. (2016). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moral pada Anak di dalam Keluarga Buruh Tani. universitas Negeri Semarang.

Anas, A. W. (2015). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran di SMK Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal. Universitas Negeri Semarang.

Asfiani, M. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Kitab Mukhtasar Ihya Ulumiddin di Tingkat Aliyah dalam Pembentukan Karakter Santri Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

A’yun, Q. (2017). Internalisasi Nilai Karakter Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Hadrah di MAN Purwokerto 2. IAIN Purwokerto.

Darnanengsih, & Rusyaid. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Proses Pembelajaran untuk Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMA Averos Kota Sorong Papua Barat). Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 12(1), 75–107.

Eriawan, P. A., Syamsurizal, & Kamid. (2017). Proses Internalisasi Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika di MAN Insan Cendekia Jambi dalam Konteks Kurikulum 2013. Edu-Sains , 6(2), 31–36.

Hani, S. (2020). Etika Kesopanan dalam Islam pada Anak Asuh di Panti Sosial Anak Asuh “ Mardhatillah 1” di Kertasura, Sukoharjo. Institut Agama Islam Negeri.

Hartaty, S., Bahri, S., Lestari, T. E., Sandie, & Risalah, D. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai dalam Sistem Beuma Masyarakat Desa Nanga Mahap dalam Pembelajaran IPS berbasis Etnopedagogi. Basicedu, 6(3), 5397–5407.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Universitas Negri Yogyakarta Press.

Herdi, Y., Ritonga, M., & Halim, S. (2022). Terobosan Kepala Madrasah dalam Menginternalsiasikan Nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Jurnal Basicedu, 6(2), 3186–3199.

Jamiah, Y. (2020). Penguatan Karakter Siswa Perbatasan melalui Internalisasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Alpha EuclidEdu, 1(2), 69–83.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, Sekretaris Negeri Republik Indonesia 1 (2003).

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31.

Padil, M., & Supriyatno, T. (2015). Sosiologi Pendidikan. UIN Malang Press.

Palupi, A. (2016). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Sejarah (Studi Kasus SMP Kebon Dalem Semarang) Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang.

Pingge, D. H. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 1(2), 128–135.

Suhada. (2020). Sosiologi Kependidikan dalam Pembentukan Karakter. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 113–121.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.

Verger, K. (2017). Pengantar Sosiologi. Grafindo.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Refny Widialistuti, Jamaris Jamaris, Solfema Solfema

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.