Pengaruh Penilaian Formatif Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Nurul Halimah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Fifi Nofitri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4571

Keywords:

Penilaian Formatif, Quizizz, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil penilain formatif yang tergambar dari hasil belajar siswa. Untuk itu diperlukan alat penilaian yang berdampak terhadap hasil belajar siswa, salah satunya Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan apakah hasil belajar siswa dipengaruhi oleh alat penilaian Quizizz. Metodologi eksperimental dan post-test only control design digunakan dalam penyelidikan ini. Siswa  kelas VI dari SDN 33 di Kalumbuk berpartisipasi dalam pembelajaran, 15 di kelompok kontrol dan 15 di kelompok eksperimen. Analisis data yang digunakan meliputi analisis tes hasil belajar, tes normalisasi dan tes hipotesis. Uji-t digunakan untuk menguji hipotesis, sering disebut sebagai uji-t sampel independen. Temuan mengungkapkan rata-rata skor penilaian formatif kelas eksperimen menggunakan Quizizz lebih tinggi yaitu 84,40, dibandingkan dengan rata-rata skor penilaian formatif kelas kontrol dengan tes tertulis yaitu 73,13. Hasil uji-t digunakan untuk menghitung Sig. 0,000 < 0,05 dan t-score 6,737 > t-tabel 2,048. Kesimpulannya, hasil tes tertulis dan tes formatif di Quizizz terdapat perbedaan. Hasilnya, terdapat pengaruh antara penilaian formatif menggunakan media Quizizz terhadap hasil belajar siswa SD kelas VI.

References

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2017). Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 11–21.

Anggraini, W., Utami, A., Santi, P., & Gery, M. I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2–10.

Anissi, R. A., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Untuk Siswa Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 772–783.

Arifin. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.

Dewi. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Evans. (2014). Motivating student learning using a formative assessment. In Journal of Anatomy, 224(3), 296–303.

Fhadillah, N., & Fitria, Y. (2022). Kepraktisan Penggunaan Video Pembelajaran Berorientasi Model Radec Berbantuan Aplikasi Powerpoint Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 12653–12660.

Fitria, Y. (2020). Optimalisasi Karakter Peserta Didik Di Era Digital Melalui Pembelajaran Sains Berorientasi Pendekatan Stem. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ISBN : 978, 1–11.

Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. In Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.

Haryati, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Ipa Kelas V Min 1 Kota Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas.

Higgins, M., Grant, F., & Thompson, P. (2010). Formative Assessment: Balancing Educational Effectiveness and Resource Efficiency. Journal for Education in the Built Environment, 5(2), 4–24. https://doi.org/10.11120/jebe.2010.05020004

McKoy MS, C. S. (2016). Back in the Gameâ€: Using gamification as an engagement tool with Spanish Language learners at UTech, Jamaica. Journal of Arts Science & Technology, 9(1).

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

No, V., & Zamista, A. A. (2022). Online Assessment as an Alternative Learning Assessment in the Digital Era: A Systematic Literature Review. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 27(2), 108–119.

Salsabila. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Sugian, N. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927

Umi, S. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Jurnal Evaluasi, 2(1), 274–293.

Voinea. (2018). Formative Assessment As Assessment For Formative Assessment As Assessment For Learning Development. Journal of Pedagogy, 2(1), 7–23.

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Halimah, N., Nofitri, F., & Fitria, Y. (2023). Pengaruh Penilaian Formatif Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 376–382. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4571

Issue

Section

Articles

Citation Check