Persepsi Mahasiswa Reguler dan Disabilitas terhadap Layanan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas

Suci Indriani, Marlina Marlina

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.581

Article Metrics

Abstract Views : 431 times
PDF Downloaded : 358 times

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB). Terhadap layanan aksesibilitas baik fisik maupun non-fisik yang ada di jurusan yang masih kurang sesuai dengan hambatan yang dialami oleh mahasiswa disabilitas yang ada di jurusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa yang ada di jurusan terhadap layanan aksesibilitas baik fisik maupun non-fisik.Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 sebagai sampelnya. Penelitian ini dilakukan di jurusan Pendidikan Luar Biasa dengan mahasiswa angkatan 2017 sebanayak 145 orang dan mahasiswa angkatan 2018 sebanyak 138. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket secara online yang ditujukan kepada mahasiswa yang angkatan 2017 dan 2018, yang mana angket tersebut dibagikan melalui sosial media grup masing-masing angkatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, sebagian besar mahasiswa setuju dengan adanya pengembangan materi untuk mahasiswa disabilitas, proses belajar mengajar seperti layanan pembelajaran serta media dan sumber belajar yang sesuai untuk hambatan mahasiswa disabilitas yang ada pada jurusan PLB, penilaian pembelajaran sesuai untuk hambatan mahasiswa, pemahaman dan kesadaran dosen dan tenaga kependidikan terhadap mahasiswa disabilitas dan sarana dan prasana yang memadai bagi mahasiswa disabilitas yang ada di jurusan PLB.

Keywords


persepsi, layanan aksesibilitas, penyandang disabilitas

Full Text:

PDF

References


Andayani, R. (2010). Muhrisun, Membangun Kampus Inklusif, Best Practices Pengorganisasian Unit Layanan Difabel [GEN]. Yogyakarta: Pusat Studi dan Layanan Difabel, Pertuni, ICEVI dan Nippon ….

Deni Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementrian Riset, Teknologi, dan P. T. D. J. P. dan K. (2017). Panduan Layanan Mahasiswa Disabilitas di Perguruan Tinggi. Jakarta.

Maghfiroh, L. (2013). Pengembangan Kurikulum Model DMSO (Duplikasi, Modifikasi, Substitusi, Omisi) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Galuh Handayani: Penyelenggara Pendidikan Inklusif [DISS]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019). Atlantis Press.

Marlina, M., & Kusumastuti, G. (2019). Social Participation of Students with Special Educational Needs in Inclusive Elementary Schools/Specialiųjų Ugdymosi Poreikių Turinčių Mokinių Socialinis Dalyvavimas Inkliuzinėje Pradinio Ugdymo Mokykloje. Specialusis Ugdymas/Special Education, 1(39), 109–132.

Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soleh, A. (2014). Kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Yogyakarta Terhadap Penyandang Disabilitas [JOUR]. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–30.

Syafi’ie, M. (2014). Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas [JOUR]. Inklusi, 1(2), 269–308.


Altmetric Dimensions

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suci Indriani, Marlina Marlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.